Lifestyle

Cara Mengusir Ketonggeng dari Rumah

×

Cara Mengusir Ketonggeng dari Rumah

Sebarkan artikel ini
Cara Mengusir Ketonggeng dari Rumah

Di rumahmu terdapat banyak ketonggeng yang berkeliaran dan sering keluar masuk? Kalau begitu kamu perlu cepat-cepat melakukan sesuatu untuk mengusirnya dari rumah sehingga tidak akan kembali lagi. Membasmi ketonggeng ini sendiri bisa menggunakan bahan alami atau dengan obat kimia.

Sebenarnya ketonggeng termasuk salah satu serangga yang tidak berbahaya bagi kehidupan manusia. Akan tetapi, terkadang kehadirannya di dalam rumah ini membuat kita risih. Apalagi jika ketonggeng yang masuk ke dalam rumah jumlahnya terbilang banyak. Mengenai cara mengusir ketonggeng dari dalam rumah yang ampuh selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengusir Ketonggeng dari Rumah

Cukup mudah untuk mengusir ketonggeng yang masuk ke dalam rumah, umumnya sering ditemukan di kamar mandi. Hanya saja, beberapa orang merasa panik sehingga tidak tahu cara untuk mengusirnya. Berikut cara mengusir ketonggeng dari rumah yang ampuh bisa kalian terapkan, yakni:

1. Usir Ketonggeng dengan Sapu dan Pengki

Saat menemukan ketonggeng yang masuk ke dalam rumah, sebaiknya kamu tidak langsung memegangnya. Kamu bisa memanfaatkan alat tertentu untuk menangkap dan mengusir ketonggeng dari dalam rumah. Alat yang digunakan di sini adalah sapu dan juga pengki atau serokan.

Sekarang taruh pengki atau serokan dengan posisi menghadap ke ketonggeng yang ingin ditangkap. Kemudian perlahan dorong ketonggeng ke pengki menggunakan sapu. Usahakan melakukannya secara cepat agar ketonggeng tidak sampai kabur. Setelah berada di pengki, tahan ketonggeng dengan sapu agar tidak kabur dan buang di luar rumah.

2. Usir Ketonggeng dengan Cairan Insektisida

Cara lain untuk mengusir ketonggeng yakni dengan menggunakan cairan insektisida. Semprotan cairan tersebut bukan hanya akan mengusir ketonggeng, melainkan juga membasminya dengan ampuh dan mudah. Cairan insektisida bisa kamu temukan di toko-toko terdekat atau lewat marketplace.

Caranya cukup mudah, cukup kamu semprotkan cairan insektisida ke arah ketonggeng. Selanjutnya semprotkan juga di area yang sering menjadi tempat persembunyian ketonggeng. Sebaiknya gunakan Alat Pelindung Diri atau APD lengkap ketika akan menyemprotkan cairan insektisida tersebut agar tidak berdampak pada tubuh kita.

3. Usir Ketonggeng dengan Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam yang akan menjadi racun bagi ketonggeng, di mana cairan tersebut bahkan dapat membuat ketonggeng mati. Sifat asam dari cuka apel akan bereaksi pada tubuh ketonggeng, sehingga membuatnya tidak lagi bisa bertahan.

Cara menggunakan cuka apel untuk membasmi ketonggeng bisa dibilang sangat mudah. Cukup dengan menyiramkan atau menyemprotkan langsung cuka apel ke tubuh ketonggeng. Tidak butuh waktu lama biasanya ketonggeng akan melemah dan akhirnya mati. Selain itu, kamu juga bisa menyiramkan atau menyemprotkan cuka apel ini ke tempat yang sering dijadikan tempat persembunyian ketonggeng.

4. Usir Ketonggeng dengan Kapur Barus

Kapur barus memiliki kandungan yang dapat mengusir sekaligus membasmi beberapa jenis serangga dan hewan. Dalam hal ini kamu juga bisa memanfaatkan kapur barus untuk mengusir dan membasmi ketonggeng dengan cukup ampuh.

Kapur barus bisa kamu letakkan di beberapa tempat ketonggeng berada, seperti di dalam kamar mandi, celah pintu, dekat saluran air sudut-sudut ruangan dan tempat-tempat lainnya. Aroma yang dihasilkan oleh kapur barus ini membuat ketonggeng tidak betah sehingga akan pergi jauh-jauh.

Itulah tadi cara mengusir ketonggeng dari rumah yang ampuh dan mudah bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.