Lifestyle

Cara Menanam Pohon Bidara dengan Batangnya

×

Cara Menanam Pohon Bidara dengan Batangnya

Sebarkan artikel ini
Cara Menanam Pohon Bidara dengan Batangnya

Daun Bidara diklaim memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya. Beberapa manfaat tersebut, mulai dari menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan nafsu makan, mencegah diabetes, mengatasi masalah pencernaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengembangbiakan pohon bidara sendiri bisa dibilang sangat mudah, kita bisa memanfaatkan batang dari tanaman tersebut. Batang dari pohon bidara yang sudah tua bisa kita gunakan dengan cara menanamnya. Bagi kalian yang masih pemula, berikut cara menanam pohon bidara dengan batangnya yang mudah bisa disimak dan terapkan.

Cara Menanam Pohon Bidara dengan Batangnya

Terdapat 2 cara yang bisa digunakan untuk mengembangbiakkan tanaman bidara, yakni melalui biji (generatif) dan stek batang (vegetatif). Dalam hal ini budidaya tanaman bidara memang lebih mudah dan cepat tumbuh besar dengan cara stek batang. Selain itu, hasil anakannya ini sangat identik dengan pohon bidara indukannya.

Adapun cara menanam pohon bidara dengan batangnya yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Penyiapan Bibit Batang Pohon Bidara

Pertama yang perlu kamu persiapkan untuk melakukan stek batang pohon bidara adalah menyiapkan bibit batangnya. Batang pohon bidara yang digunakan adalah cabang pohon yang sudah tua dengan diameter lebih dari 1 cm. Potong batang pohon bidara tersebut sepanjang 10-20 cm, lalu bersihkan daun dan rantingnya.

Agar pengakaran pada batang pohon bidara lebih cepat, maka perlu menggunakan pupuk organik cair. Kamu larutkan cairan pupuk organik ke dalam air sesuai dengan takaran yang disarankan di kemasan. Kemudian rendam batang pohon bidara yang akan distek tersebut selama 30 menit. Selanjutnya angkat dan tiriskan batang pohon bidara tersebut.

2. Menyiapkan Media Tanam

Sembari merendam batang pohon bidara, sebaiknya kamu siapkan juga media tanam yang ingin digunakan. Media tanam ini terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang / pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Kamu juga bisa menambahkan sekam padi jika ada, dengan perbandingan tanah, pupuk dan sekam padi yakni 2:1:1.

Siapkan media tanam di dalam polybag ukuran sedang dan isikan campuran tanah dan pupuk tadi ke dalamnya. Padatkan media tanam di dalam polybag agar memudahkan kita saat melakukan penyemaian bibit.

3. Menanam Batang Pohon Bidara

Selanjutnya adalah proses penyemaian batang pohon bidara yang sudah disiapkan tadi. Sekarang buat lubang di bagian tengah media tanam lalu tancapkan batang pohon bidaranya.

Padatkan media tanam di sekitar batang pohon bidara yang ditancapkan tersebut agar berdiri tegak. Kemudian siram dengan air biasa agar media tanam di polybag menjadi lembap. Untuk menjaga kelembapan batang bidara, kamu berikan ungkup dengan plastik transparan. Kamu bisa meletakkan polybag yang sudah ditanam batang bidara ini di tempat yang tidak terlalu terik.

4. Perawatan Pohon Bidara

Untuk perawatannya, kamu perlu menyiram bibit pohon bidara dengan air agar media tanamnya tidak kering. Setelah mencapai waktu sekitar 4 minggu, seharusnya pada batang pohon bidara sudah mulai tumbuh tunas baru. Selanjutnya kamu buka sungkup plastik yang menjadi penutup batang pohon bidara tersebut.

Jika panasnya cukup terik, kamu siram bibit tersebut 2 kali sehari yakni di pagi dan sore hari. Namun, jika tidak cuaca normal maka penyiraman hanya dilakukan sehari sekali saja. Lakukan juga penyiangan dan pengendalian hama agar tanaman bibit bidara bisa tumbuh sehat.

Itulah tadi cara menanam pohon bidara dengan batangnya yang mudah bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.